Senin, 12 Desember 2016

1. Tempat Pernikahan

Untuk postingan yang pertama ini saya akan bahas tempat pernikahan. Hal dasar banget dalam menentukan segala macam ke depannya. Banyak yang nakut-nakutin saya bahwa gedung pernikahan harus di sewa jauuuuuuh sebelum acara, paling ngga setahun sebelum gitu. Wah, saya stress dong, mana belum nentuin tanggal, belum tahu kapan wisuda (saya masih kuliah) dan belum ada bayangan mau nikahnya di mana, budget berapa, blablabla.

Waktu itu yang nakut-nakutin kebanyakan dr vendor sih waktu di wedding expo =)). Akhirnya habis dari wedding expo saya ngubek kalender tahun depan dan mengajukan tanggal ke mama. Sebagai separuh Jawa, mama saya melarang nikah di bulan Suro, eh tapi papa saya yang orang Sunda pun melarang. Jadi saya harus pintar-pintar milih tanggal. Tanggal pertama yang saya pilih ternyata bulan Ramadhan =)), tanggal kedua duh, mepet Raya dan saya belum wisuda bulan-bulan itu. Tanggal selanjutnya saya pilih karena... suka. =)) dan semoga saat itu saya sudah lulus kegiatan kuliah dan dapat gelar aamiin.

Setelah dapat tanggal, pertanyaan pentingnya adalah : mau indoor atau outdoor ? Jujur ya, jauh dalam lubuk hati yang terdalam sedalam-dalamnya sumur di ladang, saya punya mimpi nikah di halaman belakang. Rumah saya punya halaman belakang tapi berantakan ga ketulungan. Jadi saya pengin nikah di outdoor dan selama di wedding expo pun saya hanya lihat-lihat dekor outdoor, duh cakep-cakep banget apalagi kalau temanya Rustic.

Sayang sekali, bulan November kemarin kalian pasti tahu banjir Bandung yang udah kaya tsunami, bulan-bulan rencana pernikahan saya juga hujaaaaan gak khatam-khatam. Kalau hujan gerimis romantis doang sih gapapa, lah ini hujan angin dan petir. Duh. Akhirnya dengan segala keberatan hati, saya memilih indoor dan cari gedung. Saya cuma sempat liat 3-4 venue secara langsung. So, ini rinciannya.

1. Bumi Samami
Ini tempat outdoor pertama incaran saya. Karena liat dari referensi blog, dan saran juga dari temen kalau di sana venuenya bagus. Saya sempat cari, dan referensi dr
blog itu menuliskan dia menikah April 2016, harga sekitar 26 jutaan. Tempatnya bagus, tapi waktu musim hujan kebanjiran serta becek. Ini yang bikin saya berpikir ulang untuk adakan resepsi di outdoor.

2. Sesko AD
Ini gedung pertama yang saya datangi langsung khusus buat survey (sama si Mas). Gedung-gedung milik TNI memang jadi favorit karena katanya murah. Saya dapat referensi dari temen. Sesko AD ini letaknya di Gatot Subroto, dekat Trans Studio Mall. Bukan Sesko TNI yang di Martanegara ya. Pas saya tanya kesediaan untuk tanggal yang saya mau ternyata sudah ada yang booking, kalau mau dimundurin seminggu atau dimajuin sehari dan acara dipindah ke malam hari. Pokoknya rombak ide deh.

Harga sewa : 13jt (saya lupa kalau siang atau malam ada beda harga atau ngga)
DP : 2,5jt
Catering di luar rekanan bayar 5jt (kalau rekanan saya lupa bayar lagi atau ngga)

Saya agak kebingungan sebenernya karena gak ada brosur lengkap price list nya, dan buat saya meski harga sewa 13 juta tapi biaya tambahannya banyak sekali, jadi 13 juta itu gak bersih dan harus tambah ini-itu. Saya sempat liat gedungnya, memang lebih besar dari Sesko TNI, tapi entahlah saya kurang sreg sih. Waktu itu sedang ada acara resepsi dan saya ikut lihat. Entah karena dekornya, tapi langit-langit gedungnya terlihat pendek banget. Terus sempit dapurnya dan paciweuh. *entah ini karena vendor yang sedang dipakai saat itu aja kali ya.

Kalau yg berminat sama gedung ini bisa hubungi :
Ibu Emi di no +6285871247604

3. Graha Pos Indonesia
Kalau gedung ini letaknya di jalan Banda, alias ini gedungnya FO Stamp. Yang referensi gedung ini mama, setelah ke kondangannya anak temen papa. Dan sahabat dari S1 yang sempet cerita ttg gedung ini. Excited sih karena baru tahu banget FO bisa dijadiin tempat nikahan. Ternyata, Graha Pos ini emang gedung yang disewakan, jadi perlantai itu beda-beda isinya. Gedung nikahnya sendiri letaknya di lantai 8. Waktu ke sini lagi ada acara anak sekolahan, jadi rame dan berisiiiiik banget. Nanyanya juga singkat jelas padat (belajar dr gedung pertama yang didatangi). Kebetulan tanggal dan waktu yang saya mau tersedia. Saya rasa sih gedung ini ga begitu berebutan yah, karena mungkin pada ga tau atau jarang yang mau nikahan harus masuk FO dulu hahaha. Takut tamunya pada kesasar.

Harga sewa : 26jt -siang hari (malam lupa gak tanya, kayanya 27 atau 28jt)
DP : 2-3jt
Catering bebas karena gak ada rekanan, tapi ada biaya kebersihan
Kebersihan : 2jt (kalau catering mau nanggung jadinya gratis)

Waktu nanya-nanya sih, kalau gak salah itu sudah termasuk listrik 10000watt, kursi 100 atau 200 ya (lupa), seluruh lantai bisa dipakai (ada 9 ruangan), jadi kalau gedung ini pakainya bukan satu ruangan tapi satu lantai. Kekurangannya, jelas nambah dekor lagi, kelebihannya, legaaaaaa gila. Kapasitas maks. 2000 orang (padahal undangan saya 500 juga ga, ga sampai 1000 orang...). Terus kelebihannya tiap ruangan pakai karpet, dekor alaminya udah bagus soalnya ruang pertemuan gitu. Paling bikin naksir sih langit-langitnya. Walaupun sebal ternyata sudah disediain panggung buat pelaminan (ini kelebihan sih, tp kan saya mah maunya berbaur sama tamu, gak di pelaminan aja).

Kalau ada yang penasaran bisa hubungi :
Mbak Ririn +6281222528222

4. Bale Asri PUSDAI
Siapa sih yang gak kenal gedung favorit orang Bandung sepanjang masa ini ? Penasaran aja sih sama gedung ini dan suka sama mesjidnya dan banyak direkomendasi sama vendor waktu wedding expo. Mama bilang sih gedung ini sempit, gatau karena tiap ke kondangan yg di PUSDAI cateringnya penuh (stall sm dessert lengkap gitu) jadi makan space. Pas nanya ke sini duh, tanggal yg dipengenin ada tapi buat malem hari. Saya ga suka pesta malam, nanti tidur lagi di pelaminan =)). Tapi, kalau kamu nikah di gedung ini, prestige nya gede banget. Gatau kenapa tapi sepertinya begitu. *subjektivitas saya

Harga sewa : siang 34,5jt ; malam 35,5jt
DP : 7jt
Biaya lain-lain gak ada, sudah bersih kecuali nambah kebutuhan

Waktu saya dateng lagi siapin dekor akad, duh cantik dekornya (ruangannya deket mesjid), Mas suka banget pas liat dekoran acara akadnya. Saya? Ya gitu we. Soalnya saya lebih suka sama mesjidnya, lebih wah tanpa harus diapa-apain. Kapasitas maksimalnya 1000 orang (Bale Asri). Ada panggung ukuran 5x16 meter. Kenapa mahal ? Karena punya pemerintah jd bayarannya buat pemerintah, jarang renov buat parkirannya ge. (kata si Bapaknya)

Kalau minat ke gedung ini, saran sih setahun sebelumnya ya, karena walaupun mahal tapi favorit!
Pak Purwanto +6281394520723

5. Gedung Geologi
Gedung ini letaknya masih satu komplek sama museum Geologi, tanya satpam nanti akan ditunjukkan jalan. Gedung ini adalah gedung pernikahannya adik saya. Saya baru tahu sih ada gedung yang bisa dipakai buat resepsi di geologi, dan harganya murah.

Harga sewa : 8-9jt
DP : 2jt (?)
Biaya lain-lain saya kurang tahu

Gedung ini terdiri dari dua lantai, Biasa dipakai sih atasnya buat pelaminan dan lainnya, ada ruang rias tapi cuma 1 (keluarga CPP dan CPW nyampur). Kekurangannya, naik tangga banyak banget, tau dong kalau ke kondangan dandanan cewek macam apa, disaranin jangan pakai sepatu tinggi. Buat saya, ruangannya cukup kecil dan kapasitas tamu katanya 500an orang doang (atau undangan ya? lupa). Saran, kalau mau pakai gedung ini coba sesuaikan sama jadwal Bandung karena pas adik saya nikah, Bandung lagi ada acara dan jalan utama ditutup jadi harus memutar (menyulitkan tamu undangan untuk ke tempat acara). Btw, pas saya ke sini karena hari Sabtu, di sini tutup. 

Kalau ada yang mau nanya lebih lanjut bisa hubungi
Bu Ai +628122192825

6. Gedung Kologdam 
Gedung ini juga termasuk favorit ya, karena gedungnya di tengah kota (jl. Aceh) dan gatau kenapa saya suka liat venue ini drpd Sesko AD padahal sama-sama gedung TNI. Saya ke sini sama temen yang kebetulan latar belakangnya keluarga TNI, enak deh nanya-nanya gedung TNI sama dia =)). Parkirannya gede! Itu yang pertama terlintas dan di tengah kota, walaupun harus siaga sama macet weekendnya Bandung ya.

Harga sewa : siang 16 juta ; malam 16,5jt
DP : 25%
Catering harus rekanan, jika bukan rekanan tambahan biaya 50% uang sewa

Pas ke sini saya ngga lihat gedungnya, karena lagi hujan gede dan untuk nyebrang lapangannya harus basah kuyup, kami gak mau. Hahaha. Maapin, anak-anak manja ini. Sama seperti Sesko AD, biaya sewa segitu belum bersih, ada biaya tambahan lain-lain, tapi di sini dikasih brosur lengkap dan bapak pengelolanya mau banget sabar jawabin pertanyaan sambil tersenyum. =)) harganya beda tipis, lebih mahal di sini drpd Sesko AD, tp sebanding sih karena lebih luas di sini sepertinya. Parkir diklaim muat 350 mobil. Btw, tanggal yang saya mau sudah penuh. Tanggal temen sih masih kosong =D.

Jika berminat silakan hubungi
Pak Made +6281394861125

7. Gedung Biofarma
Gedung ini gada di list saya sih, alasannya simpel, karena jauh bener sama rumah dan sama Bandung tengah (tengah kota).Saya masukin gedung ini karena habis dari sana, tapi soal harga saya juga kurang yakin. Kalau ga salah dr blog orang sih harganya 18juta-an. Tapi buat saya segitu mahal karena gedungnya bahkan lebih kecil dr Geologi. Saya lebih memilih Sesko AD daripada gedung ini, memang sih kalau ditotal lebih mahal Sesko AD tapi lebih cakep (sekali lagi entah ini karena vendornya, soalnya waktu ke sesko AD lagi ada acara dan saya ke Biofarma karena ikut undangan). Gedung ini depannya naik tangga kaya Geologi tapi tangganya ga se banyak Geologi. Tapi gatau kenapa saya ngerasa ini gedung terkecil yang saya masuki, bahkan dibanding Sesko TNI yg di Serasan. Parkirannya juga susah sekali.

Sepertinya 7 venue dan 5 yang bener-bener ada CPnya sudah cukup buat postingan pertama printilan pernikahan. Soal vendor dan lain-lain saya lanjutkan nanti kalau udah survey dan tanya-tanya. Kalau tugas kuliah saya udah selesai juga sih. Lokasi lain yang harganya jauh lebih murah banyak terdapat di daerah Bandung ... yang deket bypass Soekarno Hatta. Konon di sana ada Pendopo, Hotel Malaka, dsb yang cantik-cantik buat outdoor dan harganya ga melangit amat. Untuk tamu-tamu yang jumlahnya sedikit. (kurang dr 1000)

Tips dari saya, jika kalian berasal dari keluarga TNI, ada baiknya pakai gedung TNI karena ada diskon loh sesuai dengan pangkat. Gedung lain pun sama, jika punya kerabat yg bekerja di sana bisa dapat diskon. Yang saya kurang tahu PUSDAI aja, karena waktu nanya-nanya gak ditawarin atau ditanyain pekerjaan ayahnya. Atau referensi tau darimana. Tapi sepertinya jika PNS ada diskon, sekali lagi tergantung sih ya kebijakan tiap tempat. Yang pasti rajin cari info dan banyak bawel nanya-nanya keringanan (baca: diskon). Dapet diskon enak loh, selama fasilitas engga ikut dikurangi.

Sekian. 

10 komentar:

  1. Dear Teteh & Akang Calon Pengantin

    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung



    Halo Teteh dan Akang, sudah dapat gedung pernikahannya?

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.



    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :

    Full Carpet

    AC Central + 10 Standing AC

    Ceiling tinggi di 10m

    Kapasitas sampai dengan 2000 orang

    2 Ruang Rias Full AC

    Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible

    Masjid yang Luas untuk Akad Nikah

    Area Parkir Luas

    Free Parkir untuk Tamu Undangan

    Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)

    Free Genset



    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas

    Wedding Organizer

    Wedding Consultant

    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)



    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.



    Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 082218073807



    SPECIAL PROMO BULAN INI!!! SO GRAB IT NOW, BOOKING ONLY 5.000.000

    BalasHapus
  2. Halo kak!
    Tepat sekali gedung Kologdam merupakan salah satu gedung pernikahan yang sangat direkomendasikan di Bandung. selain itu, sekarang gedung Kologdam sudah semakin keren lho. Saat ini gedung Kologdam sudah full karpet dan full AC. HIS Kologdam Wedding Venue & Organizer menyediakan paket yang sangat menarik untuk para calon pengantin nih, sudah mencakup katering, dekorasi, dokumentasi, make up, entertainment, WO, dan tentu saja venue. untuk info lebih lanjut bisa hubungin aku di nomer 0838-2518-0568 (Hafizhah) ya :) jangan lupa mampir juga ke ig kita @his_kologdam untuk info serta promo terbaru!

    BalasHapus
  3. WEDDING VENUE & ORGANIZER PACKAGE di BANDUNG
    HIS BALAI SARTIKA CONVENTION HALL
    Comfort and elegant wedding venue, full carpet, AC, and beautiful main Enterance access
    Only 400KM from TOL Buah Batu
    Start from 200jt ALL IN PACKAGE
    For More Information please contac me at audia.hiscorp@gmail.com
    Or Whatsapp me on (+62) 085871829896
    Make your wedding unforgetablle!

    BalasHapus
  4. Dear grooms and brides to be, We presented our special grand ballroom with full carpet at the center of Bandung City, it was so luxurious! The package is all in include facilities, catering, full decoration, makeup and attire, photography and videography, music entertainment, traditional ceremony, profesional mc, wedding organizer, wedding car, and bonus. You will get a promo if you book on March 12, 2019 until March 17, 2019: - Logam Mulia 5gr - Free Honeymoon to Phuket - Microwave - Voucher MAP 500k What are you waiting for? Free consulting to us at HIS Kologdam Office or contact person: Ayu 081324570721. Thankyou

    BalasHapus
  5. Hallo teteh dan akang calon pengantin!

    Pasti lagi pusing cari-cari vendor atau gedung yaaah ???
    wahh gausah pusing lagiii, karena HIS KOLOGDAM BANDUNG akan mempersiapkan pernikahan akang teteh dengan sangat matang. Akang teteh gak usah pusing lagi nyari vendor atau gedung.

    karena kami menyediakan fasilitas venue ballroom yang sangat oke! bisa diliat dibawah ini :

    *FASILITAS*
    – Ballroom full carpet
    – Ceiling 10m
    – Full AC Central
    – Listrik 10.000 watt
    – 150 KVA Genset
    – Masjid untuk akad nikah
    – 2 makeup room
    – Panggung pelaminan 14m
    – Panggung Musik
    – Area parkir luas
    – Free izin keramaian, keamanan, dan kebersihan

    *CATERING 1000 PORSI*
    *DEKORASI*
    *MAKEUP & ATTIRE*
    *PHOTOGRAPHY & VIDEOGRAPHY*
    *MUSIC ENTERTAINMENT*
    *UPACARA ADAT HARI H*
    *PROFESIONAL MC*
    *WEDDING ORGANIZER*
    *WEDDING CAR*
    *BONUS*

    DAN ADA PROMOOOO BULAN INI!
    * Dapatkan cashback 15jt!

    wiiiihh udah all in kan fasilitas dari kologdam ? mau pricelist ?

    boleeeeh kontak di whatsapp Putri (087722892205)

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kepada Teteh & Akang Calon Pengantin

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer ingin menawarkan Balai Sartika Convention Hall dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Balai Sartika Convention Hall :

    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Selain itu, Kami pun memberikan beberapa fasilitas untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, yaitu :
    Wedding Organizer
    Wedding Consultant
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Untuk informasi lebih lanjut silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 085624295686 (oci). Selain itu kita juga ada special promo loh, yuk segera hubungi HIS Balai Sartika Convention Hall.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Dear Calon Pengantin,
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Ballroom Full Carpet
    AC Central + 10 Standing AC
    Ceiling tinggi di 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    Area Parkir Luas
    Free Parkir untuk Tamu Undangan
    Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas:
    Wedding Organizer Profesional
    Wedding Consultant & Wedding Planner
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 082218073807 (Dita)

    BalasHapus
  9. Hi brides to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena lokasinya strategis dan sekarang udh full carpet + lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yang bisa kamu dapetin, ada pick your gift! Yuk jangan sampai ketinggalan. Untuk informasi lengkapnya, bisa kontak WA ke 081220738073 (AYU) FREE CONSULT!!

    BalasHapus